INFO GEREJA

  • HARIDIRILAH !!!  Ibadah Kenaikan Yesus Kristus hari Kamis 9 Mei 2024 jam 10:00 WIB – 12:00 WIB.
  • Ibadah Raya Minggu setiap hari Minggu. Ibadah ke 1 jam 07:00 WIB (onsite) dan Ibadah ke 2 jam 10:00 WIB (onsite & online streaming di channel Youtube) bertempat di GPdI Barito Jl. Barito II/57, Jakarta Selatan (Ibadah Raya Minggu Pertama disertai dengan Perjamuan Kudus).

World treasure vs Spiritual treasure – Pdt Albert


Ibadah Raya 02-04-2023

Renungan Warta Jemaat
Senin, 3 April 2023
Gembala Sidang

Pdt. Albert N. Kurniawan

World treasure vs Spiritual treasure

Semua orang mendambakan untuk hidup sukses. Kesuksesan bisa dinilai oleh seseorang melalui harta dan kekayaan yg diperolehnya . Kebanyakan orang menganggap Harta dunia adalah segala2nya .

Banyak kali orang mencatat kalau memiliki harta , pangkat , kekuasaan , itu berarti orang tersebut hidup di dalam kesuksesan didunia ini . Kita harus pahami, uang atau harta, pangkat, kekuasaan itu adalah hal yang tidak kekal. Tidak selamanya ini bisa menjamin kehidupan saudara.

Harta kekayaan Dunia bisa hilang. Harta Kekayaan dunia bisa habis .

Harta Kekayaan dunia bisa diukur dan ada batas. Harta kekayaan dunia tidak bisa membawa saudara ke Surga. Apalagi digunakan utk membeli Surga. Justru harta kekayaan ini bisa membawa saudara jauh dari Tuhan, bahkan bisa membuat seseorang menjadi tidak setia.

Berhubungan dengan harta kekayaan dunia termasuk uang, manusia sering kali jatuh dalam kelemahan-kelemahan manusiawi. Tetapi apakah uang menjadi halangan manusia untuk beriman? Atau haruskah manusia menjauhi uang bahkan menolaknya? Tentu saja tidak.

Uang adalah alat dan bukan tujuan. Uang bukan tuan, kita tuan dari pada uang. Uang bukan yg mengatur kita , tetapi kita yg mengatur uang. Dan perlu diingat sebagai orang percaya orang yg berkemenangan di dalam Yesus tujuan kita adalah keselamatan. Maka ada ayat yg berkata :

Mat 16: 26 = 26) Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?

Mana yg harus kita cari ? Mana yg harus kita pilih ?

Padahal bagi Yesus, satu nyawa lebih berharga daripada seluruh isi dunia ini, sehingga Ia memberikan nyawa-Nya untuk menebus jiwa kita.

Ayat diatas mengajarkan kepada kita ternyata nyawa lebih berharga dari harta .

Ini membuktikan bahwa harta didunia ini bukan segala2 yg harus kita cari dlm hidup ini . Nyawalah yg paling bernilai tinggi . Artinya keselamatan lah yang harus kita utamakan dalam hidup ini . Apa gunanya engkau memiliki seantero dunia ini tetapi jiwamu binasa .

Jangan kita meletakkan pengharapan pada hal yang tidak pasti seperti harta dunia ,uang , pangkat adalah kesia-siaan. Pengharapan kita ialah Kristus yang membawa manusia pada keselamatan dan hidup yg kekal .

Keinginan manusia sering kepada hal2 lahiriah atau daging . Ini yg akan membawa dampak buruk bagi dirinya. Keinginan manusia terhadap harta dan uanglah yang sering membuat uang tampak jahat dan terkesan negatif.

Mat 6:19 = 19) “Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. (20) Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di Surga; di Surga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.

Masalah mencari harta , uang adalah pilihan. Harta dan uang dapat dipakai dalam hal-hal yang baik seperti mendukung dalam pelayanan.kalau ini yg saudara kedepankan , saudara pasti diberkati tuhan .

Disini jelas bahwa hartamu tidak kekal, tetapi harta surga kekal , tetapi hartamu bisa kita pakai untuk mempermuliakan nama tuhan. Karena kita tahu kita mendapat berkat itu semua dari Tuhan .

Oleh sebab itu jangan kita menjadi org yg menjadikan Harta itu sebagai Tuhan dlm hidup kita. Tetapi pakailah harta untuk mempermuliakan nama Tuhan

1 tim 6 : 7) Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar. (8) Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. (9) Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. (10) Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman.

Sebenarnya hidup ini tidak perlu ngoyo, asal kita ada makan minum cukup . sandang, dan papan 

Arti hidup ini sederhana saja, karena didunia ini kita hanya pendatang menurut Ibrani . Hidup didunia ini sementara. Ingat apa yg dikatakan pengkhotbah semua yg ada didunia ini kesia-siaan (Pekh 2:4-11).

Artinya disini yg ada dunia, yang disukakan dunia sebenarnya kesia-siaan .

Pengkhotbah 1:9, Tidak ada yg baru, tidak ada yang kekal, tidak ada yg bisa sebagai jaminan kita didunia, palagi jaminan di Surga .

Maka itu Paulus menulis surat kepada jemaat di Korintus

1 kor 1 : 4-6 = 4) Aku senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus. (5) Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan, (6) sesuai dengan kesaksian tentang Kristus, yang telah diteguhkan di antara kamu.

Kita patut mengucap syukur kepada tuhan ternyata kita sudah dilimpahkan berkat yang terbesar yaitu kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita yaitu keselamatan dari Yesus kristus.

Itu terbesar, bahkan ini adalah kekayaan yg besar yang tidak tertandingi dan tidak pernah menyusut nilainya , atau merosot nilainya. Yang bisa menjamin kita untuk hidup didunia ini bahkan membawa kita sampai Surga.

Lihat ayat 5 . (5) Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan,

Kaya disini mengacu kepada kaya spiritual , kaya rohani , bukan kaya dunia .

Jadi yg dimaksud Rasul Paulus kaya rohani ini yg dilimpahkan ketika kita ada di dalam yesus, adalah

1)Yang pertama diperkaya dalam perkataan, artinya kita harus jadi saksi .

Gereja harus bisa menyaksikan kehebatan tuhan bagi org2 dunia …

Oleh sebab itu kita terima Roh Kudus dlm kehidupan kita. Dan Roh Kudus memberikan jaminan keselamatan kepada kita , bahkan kita bisa menghasilkan buah kebenaran dan Roh kudus yg sama jg memberikan berkat rohani yaitu

1 kor 12 : 1- 11.

Sehingga saudara tidak  kekurangan suatu apapun didunia ini. Ada mujizat , ada penafsiran bahasa Roh , ada pengetahuan , rahasia dibukakan , ada karunia kesembuhan , semua yg tertera di atas . Itu kita bisa gunakan dan menyertai kita sebagai org yg percaya dan yg mau dipimpin Roh kudus . Semua harta rohani , kekayaan rohani akan dilimpahkan kepada kita selama hidup didunia .

Bahkan ayat dibawah ini

1 kor 1 : 7 = (7) Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karunia pun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus. (8) Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus.

Menjadikan kita tdk kekurangan dlm karunia ( harta rohani ) utk meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus.

Semua kekayaan Rohani yg dilimpahkan bertujuan untuk:

Mat 24 : 14 = (14) Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.”

Amanat Agung Yesus sebelum naik ke Surga

Mat 28 : 19-20 = (19) Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, (20) dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

  1. DiperKaya segala macam pengetahuan.” =

Pengetahuan tentang apa .

1 kor 2 : (6) Sungguhpun demikian kami memberitakan hikmat di kalangan mereka yang telah matang, yaitu hikmat yang bukan dari dunia ini, dan yang bukan dari penguasa-penguasa dunia ini, yaitu penguasa-penguasa yang akan ditiadakan. (7) Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.

10) Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. (11) Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. (12) Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita.

Kita sadar pengetahuan dan hikmat diberikan kepada kita sebagai kekayaan Rohani, agar kita dapat mengetahui rencana , kehendak Allah , bahkan tidak ada rahasia yg tersembunyi, yang Allah berikan kepada kita. Ketika Roh itu tinggal di dalam kehidupan kita , memimpin hidup kita. Kita tidak akan bercacat cela sampai kedatangan Tuhan kita Yesus kristus utk menjemput kita.

Ini lah berkat , kekayaan Rohani yang harus kita dapatkan dari Tuhan agar kita tetap bisa bertahan hidup didunia dengan karunia yang diberikan kepada gereja Tuhan dengan berbagai mujizat serta kita dipakai utk melebarkan kerajaan surga menangkan banyak jiwa bagi Tuhan lewat kesaksian kita

Kita pun akan menerima hikmat , dan pengetahuan yg bukan dari dunia tetapi dari surga agar dapat mengerti rencana Allah dlm kehidupan kita. Tidak ada rahasia surga yang tidak kita ketahui .

Hidup kita tidak mudah terhanyut oleh keadaan , propaganda dunia yang jahat yang tidak ada kepastian yang menjurus kepada kebinasaan . Kita tahu mana yang terpenting untuk kita cari .

Kekayaan dunia atau kekayaan surga dalam hidup ini.

Filipi 1 : 9 = 9) Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, (10) sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang ha0ri Kristus, (11) penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.

Tuhan Yesus memberkati .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GPdI Barito

Jemaat GPdI Barito dibawah penggembalaan Bpk. Pdt. Albert Nathan Kurniawan S.Th. beserta dengan Ibu Pdt. Dessy Kurniawan S.Th. dan Gembala Senior Ibu Lientje Kurniawan Manusama.

Categories

Archives

Tags

There’s no content to show here yet.

YouTube
Instagram
Open chat
Scan the code
Shalom!